Mengenal Istilah desain cover buku dan contohnya

Pengertian Desain

Agus Sachari (2005:3) menyatakan bahwa pada awalnya desain merupakan kata baru berupa peng-Indonesiaan dari kata design (bahasa Inggris), istilah ini melengkapi kata “rancang/rancangan/merancang” yang dinilai kurang mengekspresikan keilmuan, keluasan dan kewibawaan profesi. Sejalan dengan itu, kalangan insinyur menggunakan istilah rancang bangun, sebagai pengganti istilah desain. Namun di kalangan keilmuan seni rupa istilah “desain” tetap secara konsisten dan formal dipergunakan.

Baca juga:
jasa desain kalender online promo
ciri-ciri logo yang baik dan benar

Pengertian Buku

Buku adalah kumpulan kertas atau bahan lainnya yang dijilid menjadi satu pada salah satu ujungnya dan berisi tulisan atau gambar. Setiap sisi dari sebuah lembaran kertas pada buku disebut sebuah halaman. Ketika kertas itu dikumpulkan dan dijilid menjadi satu maka itulah yang kita kenal sebagai buku.

Seiring dengan perkembangan dalam bidang dunia informatika, kini dikenal pula istilah e-book atau buku-e (buku elektronik), yang mengandalkan perangkat seperti komputer meja, komputer jinjing, komputer tablet, telepon seluler dan lainnya, serta menggunakan perangkat lunak tertentu untuk membacanya.

by jasa desain cover buku online


Jadi beda antara buku dan e-book, buku adalah lembaran kertas yang dijadikan satu, sedangkan e-book masil dalam bentuk file atau elektronik.

Istilah Cover

Cover buku atau sampul buku adalah salah satu kulit buku bagian luar yang terdiri dari:
- judul buku;
- nama pengarang;
- nama penerbit; dan
- gambar yang mewakili isi.

Kemudian ada juga kulit buku bagian belakang, terdiri dari:
- sinopsis isi buku/ulasan isi buku;
- isbn; alamat penerbit; dan
- ada juga yang mencantumkan biografi penulis.

Cover buku juga bisa diartikan sebagai bagian terluar dari buku (disebut kulit buku) yang terdiri dari cover buku bagian depan dan cover buku bagian belakang.

Kenapa Cover Buku Dibuat?

Kenapa cover buku dibuat, untuk apa? apa manfaatnya?

Tentu semua itu ada alasannya, yaitu untuk membuat kemasan buku tersebut terlihat menarik, sehingga buku tersebut memiliki nilai jual yang tinggi.

Membuat cover buku tidak sembarangan, ada yang disebut proses desain. Sebelum masuk ke proses desain, langkah pertama adalah menentukan konsep desain terlebih dahulu dengan orientasi kepada isi buku. Membuat konsep desain sebaik-sebaiknya oleh penulis, karena penulislah yang mengetahui secara detail isi semua buku tersebut, sehingga konsep membuat cover buku dapat dibuat dengan cepat, akurat, dan sesuai dengan isi buku.

Jika anda sedng mencari partner untuk membuat desain cover buku yang bagus dan hasilnya profesional, bisa bekerjasama dengan rekan kami di jasa desain cover buku online

Macam-macam Desain Cover

Cover bermacam-macam, diantaranya adalah sebagai berikut:

cover makalah
cover majalah
cover buku
cover laporan
cover letter
cover design
cover proposal
cover yasin

Contoh desain cover buku keren bisa di kik di link tersebut

Comments

Popular posts from this blog

Pengertian Siluet dan contohnya

Isi Cover Majalah yang harus ada

Macam jenis dan ukuran brosur yang perlu diperhatikan